Profil

SD ISLAM BUSTANUL 'ULUM




 Nama Sekolah                     : SD ISLAM BUSTANUL ULUM

Yayasan                               : YAYASAN PENDIDIKAN BINA MASYARAKAT LAMPUNG  
                                                TENGAH
Naungan                              : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

No. SK. Pendirian                 : 012/YBM-SD/SK/VII/2000

Tanggal SK. Pendirian        : 2000-07-05

No. SK. Operasional           : 420/2357/04/D.8/2005

Tanggal SK. Operasional    : 2005-08-25

Akreditasi                             : A

No. SK. Akreditasi                : 139/BAP-SM/12-LPG/RKO/2015             

Tanggal SK. Akreditasi       :  31-12-2015

 

Link data referensi  pendidikan:

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=10810477

 

 

1.   Visi SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru

Terwujudnya Insan Cendekia yang Bertaqwa Nasionalis Mandiri Berprestasi dan Berkarakter Islami”

Indikator Visi :

1)    Secara penampilan (performance) menampakkan sebagai sekolah yang bersih, rapi, indah dan bernuansa Islam.

2)    Menjadi pusat kegiatan pembinaan dan pemantapan aqidah, ibadah dan akhlaq mulia.

3)    Menjadi pusat pembinaan dan pengembangan keterampilan hidup (lifeskill) sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan usia.

4)    Menjadi pusat kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi dan prestasi akademik dan non akademik secara optimal.

5)    Menjadi pusat kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi kecerdasan spiritual, intelektual dan sosial.

6)    Menjadi pusat pembinaan karakter, sikap dan perilaku yang menunjukkan sikap cinta terhadap bangsa dan tanah air indonesia, sesuai tuntunan Islam.

2.   Misi SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru

Berdasarkan visi dan indikator visi di atas, maka misi pendidikan di SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru dirumuskan sebagai berikut :

1)     Mewujudkan suasana sekolah yang kondusif bagi tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.

2)     Menyelenggarakan program kegiatan pembinaan dan pemantapan aqidah, ibadah dan akhlaq mulia.

3)  Menyelenggarakan program kegiatan pembinaan dan pengembangan keterampilan hidup (lifeskill) sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan usia.

4)  Menyelenggarakan program kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi dan prestasi akademik dan non akademik secara optimal.

5) Menyelenggarakan program kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi kecerdasan spiritual, intelektual dan sosial.

6)   Menyelenggarakan program kegiatan pembinaan karakter, sikap dan perilaku yang menunjukkan sikap cinta terhadap bangsa dan tanah air indonesia, sesuai tuntunan Islam.

 3. Indikator Keberhasilan Siswa

1)  Adanya perubahan/peningkatan perilaku positif keseharian siswa dalam hal aktivitas ibadah (Hablumminalloh) dan perilaku terhadap guru, teman, orang tua, keluarga (Hablumminannas) dan lingkungan sekitarnya.

2)  Memiliki kemandirian dalam menyelesaikan/mengurus keperluannya sesuai dengan perkembangan usianya.

3)    Mampu meraih prestasi ( akademik  dan non akademik).

4)  Mempunyai kemampuan untuk berpikir logis, kritis, kreatif dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan usianya.

5)    Memiliki bekal keterampilan dasar yang dapat dikembangkan sebagai pengembangan diri di masa mendatang.

 

4.  Tujuan SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru

 1.     Tujuan Jangka Panjang (8 Tahun)

1)   Terlaksananya visi dan misi sekolah

2)   Terlaksananya sistem pendidikan dengan efektif dan efisien

3)   Terbangunnya budaya sekolah meliputi budaya disiplin, taat dan patuh pada peraturan sekolah.

4)   Terbentuknya karakter peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

2.     Tujuan Jangka Pendek (1-3 Tahun)

1)  Terwujudnya budaya sekolah yang positif di lingkungan sekolah yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai yang dianut sekolah yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS), kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan prilaku baik yang bersifat spontan, dan penetapan tata tertib sekolah.

2)   Meningkatnya prestasi peserta didik dalam bidang akademis dan non-akademis di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

3)   Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan perilaku peserta didik / warga sekolah yang tertib dan disiplin.

4)   Terpenuhinya prasarana dan sarana pendidikan sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan.



 

















0 comments:

Posting Komentar