FESTIVAL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SD ISLAM BUSTANUL ULUM

 Siswa-siswi SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru sangat antusias untuk unjuk kebolehan dalam Festival P5, Kamis 30 November 2023.

Festival P5 ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di SD Islam Bustanul ‘Ulum GBB. Festival P5 kali ini mengusung tema projek Bangun Jiwa Raganya dan Kewirausahaan dengan topik “Teruslah Berkarya dan Tumbuhkan Karakter Insan yang Bertaqwa”. Berhiaskan kain batik yang digunakan sebagai tema dekorasi menambahkan kesan sederhana namun tetap menarik.

             


Kegiatan dibuka dengan sholat dhuha bersama dan senam pelajar pancasila. Kemudian dilanjutkan kegiatan inti dan sambutan oleh Kepala SD Islam Bustanul ‘Ulum GBB. Bapak Gunawan Subiyanto selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk dapat menampilkan potensi yang dimilikinya. Selain itu, diharapkan Pancasila bukan hanya sekedar dihafalkan oleh siswa saja, tetapi betul-betul diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kegiatan dilanjutkan pentas seni menarik yang ditampilkan oleh siswa-siswi kelas 1-5. Setiap penampilan berkaitan dengan judul projek yang diambil serta dimensi profil pelajar Pancasila yang ingin dicapai. Penampilan yang dibawakan diantaranya ‘Ilman waa Ruuhan tanda baca Al-qur’an, gerak dan lagu Isi Piringku, Tari Pung Kelapo Kupung, Tari Manuk Dadali, Tari Ampar-Ampar Pisang, Tari Sumputan, dan Tari Kreasi Menanam Labu.


Tidak hanya siswa, wali murid juga berkesempatan melihat anak-anaknya tampil dalam festival P5 kali ini. “Seneng banget bisa menyaksikan langsung Festival P5 SD Islam Bustanul ‘Ulum GBB. Intinya bangga lihat anak-anak bisa berkarya dan ditampilkan di depan orang tua, ungkap salah seorang wali murid.

Festival juga dimeriahkan dengan market day dan juga lomba kostum bertema buah dan sayur. Kostum yang dipakai sangat bervariasi, diantaranya ada yang memakai kostum jeruk, cabai, wortel, dan masih banyak lagi. Selain itu, wali murid berkesempatam mengikuti lomba menghias bekal bersama anaknya dengan tema 4 sehat 5 sempurna.


Festival P5 diakhiri dengan pengumuman lomba kostum buah dan sayur serta lomba menghias bekal makanan sehat 4 sehat 5 sempurna.

Semoga kedepannya kegiatan ini menjadi lebih baik lagi dan dapat memenuhi beberapa indikator standar kelulusan Sekolah Islam Terpadu (SIT) sehingga dapat melahirkan generasi yang imamul muttaqin.


By : Afrinda Lathifunnisa, S.P

    

1 komentar: