Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka SIT di SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru

Di Indonesia terdapat beberapa Satuan Komunitas (Sako) Pramuka. Di lansir dari laman Kwartir Nasional Pramuka Indonesia yaitu https://pramuka.or.id/ menjelaskan bahwa Sako Pramuka yaitu bertujuan untuk memberikan wadah bagi gugusdepan berbasis komunitas maupun berbasis satuan pendidikan yang mempunyai kesamaan profesi, aspirasi dan agama.


 

Pramuka SIT adalah satuan Komunitas Pramuka di Indonesia yang memiliki ciri Islam yang kental. Pramuka SIT didirikan untuk mengakomodir kegiatan kepramukaan sekolah Islam Terpadu se Indonesia. Awalnya, bernama Kepanduan SIT, kemudian berubah menjadi Pramuka SIT pada tanggal 25 November 2013.

 

Baca Juga : MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN & SOLIDARITAS PALESTINA;  SD ISLAM BUSTANUL 'ULUM GELAR SHOLAT GHOIB UPACARA DAN DONASI.


Sako Pramuka SIT memiliki visi “Menjadikan Taqwa, Tangguh, Tangkas dan Teguh dalam pribadi yang sholih

 

Misi Sako Pramuka SIT yaitu :

1.       TAQWA : memiliki keimanan yang kokoh, ibadah yang benar, amal yang baik

2.       TANGGUH : memiliki kekuatan, kesabaran dan kesetiaan tak mengenal lelah 

3.       TANGKAS  : memiliki keterampilan yang berlandaskan kecerdasan dan kecepatan dan selalu siap sedia 

4.       TEGUH : memiliki keyakinan, percaya diri, berfikiran positif dan amanah

 

SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru Kec. Terusan Nunyai Kab. Lampung Tengah yang merupakan salah satu anggota Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia juga telah tergabung dengan Sako Pramuka SIT.

 


 

Berdasarkan Surat Keputusan Kwaran Terusan Nunyai Nomor : 08.02.13/033/2022 SD Islam Bustanul Ulum telah memiliki nomor gugusdepan yaitu 08.02.12. 037-038 dengan nama pasukan Umar Bin Khatab dan Siti Khadijah.

 

Dalam kegiatannya Pramuka SIT SD Islam Bustanul Ulum aktif mengikuti kegiatan yang diselanggarakan oleh Kwaran Terusan Nunyai antara lain kegiatan bakti sosial, kegiatan perkemahan dan perlombaan kepramukaan serta aktif dalam kepengurusan Kwaran. Dalam kegiatan Internal Sako Pramuka SIT juga sangat aktif antara lain mengitkuti Perkemahan Ukhuwah baik perkemahan wilayah, regional dan juga nasional. 

 

Berdasarkan Peraturan Kemendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan  sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib  pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Maka, SD Islam Bustanul Ulum melaksanakan kegaiatan ekstra kurikuler Pramuka setiap hari Jum’at dan memiliki panduan serta silabu. Dalam pelaksanaannya selaku pembina Pramuka yaitu seluruh guru yang berada di SD Islam Bustanul Ulum. Seluruh pembina Pramuka telah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) dan telah memiliki Ijazah KMD, bahkan beberapa pembina telah mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML).

 

Kegiatan Pramuka SIT SD Islam Bustanul Ulum tidak hanya mengacu pada kegiatan kepramukaan pada umumnya, akan tetapi ada penekanan pada sisi religi tentang ke-Islaman agar dapat membentuk karekter yang taqwa, tangguh, tangkas dan teguh dalam pribadi yang sholih. (AEP)


Oleh : Agus Eko Pramono, S.Pd

    

2 komentar:

  1. Alhamdulillah... semangat selalu Sako sit Bustanul Ulum Agro, bangga pernah menjadi alumni. Semoga pasukan Umar bin Khattab dan Siti Khatijah terus bersinar.

    BalasHapus
  2. Semangat Terus Sako Sit Bustanul Ulum Agro.
    salam dari bagian Sewa Proyektor Pekanbaru

    BalasHapus