Pembelajaran dengan Pendekatan ADLX Introflex di SD Islam Bustanul Ulum

 ADLX merupakan  singkatan dari Active, Deep, Learner, Experience. Sedangkan Introflex singkatan dari Individualisasi, Interaksi, Observasi, Refleksi. Terpadu adalah internalisasi nilai Islami di setiap materinya. Pendekatan ini merupakan sebuah desain pembelajaran hasil inovasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.

Baca Juga : Mencegah Bullying Dengan Cara Berbagi

 

          Penerapan ADLX Instroflex secara individualisasi.

SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah merupakan salah satu Sekolah Islam Terpadu anggota dari JSIT Indonesia menuntut kepada para Pendidik untuk menerapkan Desain ADLX Introflex, oleh karena itu pihak sekolah bekerja sama dengan JSIT wilayah Lampung menggelar pelatihan ADLX Introflex selama 3 hari.  Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan seluruh Pendidik dapat menyerap ilmu yang dibagikan oleh Coach (trainer) dari JSIT dalam penerapan Pembelajaran ADLX Introflex ini.

    Pelatihan desain alur pembelajaran berbasis ADLX dengan pendekatan Terpadu 

 Empat faktor kunci mencapai ADLX dengan Introflex, yaitu :

1.    Individualisasi yakni setiap peserta didik memiliki keunikan

2.    Interaksi yakni pengalaman belajar yang diperoleh melalui interaksi positif, antar peserta didik, dan peserta didik dengan guru, serta peserta didik dengan materi

3.    Observasi yakni usaha yang dilakukan oleh pendidik selama pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran

4.    Refleksi yakni mengajak peserta didik mengambil hikmah.

 

Desain Alur Pembelajaran dibuat untuk satu kegiatan yanng memiliki tujuan mencapai active deep, semua bagian terencana dengan baik, dan setiap bagian terbagi waktunya. Sedangkan alurnya adalah Opener, Aktivitas, Energizer (membuat seseorang menjadi penasaran), Kaitkan dan simpulkan dan Closure.

Pendidik harus mampu menjadi jembatan antara materi secara duniawi dengan materi secara ukhrowi, dan juga harus berupaya menyambungkan materi yang diajarkan di kelas dengan kehidupan keseharian siswa.

ADLX Introflex ini adalah salah satu model pembelajaran yang dapat me-upgrade pendidik agar tetap mempunyai inovasi di dalam ataupun di luar kelas.

 

 

Oleh : Agus Eko Pramono, S.Pd

    

0 comments:

Posting Komentar