Mencegah Bullying Dengan Cara Berbagi di SD Islam Bustanul 'Ulum Gunung Batin Baru

Perundungan (Bullying) adalah salah satu bentuk perilaku kekerasan yang dengan disengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang merasa kuat atau berkuasa dengan tujuan menyakiti atau merugikan seseorang atau sekelompok yang merasa tidak berdaya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia "bully'" atau dalam bahasa sehari hari biasa disebut Perundungan diambil dari kata dasar Rundung ber arti; 1 mengganggu; mengusik terus-menerus; menyusahkan: 2 menimpa (tentang kecelakaan, bencana, kesusahan, dan sebagainya)

Baca Juga : Kunjungan Lapangan Fasilitator Sekolah Penggerak 

Dengan makna kata tersebut maka ‘Bullying’ bisa dilakukan dalam bentuk verbal, fisik, relasi dan cyber. Saat ini, banyak anak dan remaja yang menjadi korban Bullying baik secara langsung di sekolah, tempat les, lingkungan maupun melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Tiktok, Instagram, games online, role play, dll. Penelitian menunjukkan bahwa anak dan remaja yang menjadi korban Bullying sangat rentan terhadap masalah yang serius pada kesehatan jiwa, fisik dan akademiknya

Akhir akhir ini kita disuguhi berbagai berita tentang kasus perundungan (Bullying) yang membuat hati miris. Korban mengalami trauma psikologis, bahkanmengakibatkan cidera fisik yang sangat parah. Pelakupun mendapatkan sanksi hukum yang berat. Baik korban dan pelaku dapat memiliki masalah psikologis yang perlu diberikan penanganan yang komprehensif. Bullying juga dapat menjadi prediktor munculnya gangguan jiwa di masa depan.

     Berbagi menumbuhkan simpati

SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru yang menjadi salah satu peserta Program Sekolah Penggerak sangat serius dalam memandang masalah ini sehingga kepala sekolah bapak Hi. Gunawan Subiyanto S.Pd. sangat mengapresiasi dewan guru yang melalui kegiatan KKG ( Kelompok Kerja Guru )  mencetuskan gagasan pencegahan Bullying dengan aktifitas positif yang diberi titel “BERBAGI MENCEGAH BULLY”.

       Kegiatan rutin pekanan Guru SD Islam Bustanul 'Ulum Gunung Batin Baru setiap hari Rabu

 

Dalam kegiatan rutin pekanan setiap hari Rabu yng dipimpin Kepal Sekolah SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru tersebut Dewan Guru mencari solusi mencegah perundungan yang marak beritanya di Medsos.  Dari usulan Ustadz Ahmad Rivangi, S.Pd.I salah satu Guru SD Islam Bustanul 'Ulum Gunung Batin Baru ahirnya membedah salah satu butir dalam Janji Pelajar Islam yang setiap hari diucapkan saat apel pagi, butir pada Janji pelajar Islam dimaksud adalah pada butir “Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

      Menyayangi yang lebih muda adalah sumber kedamaian

Dalam butir Janji npelajar yang selalu diucapkan ini jika didalami maknanya sungguh sangat menakjubkan dan jika diamalkan dalam kehidupan sehari hari.  Dewan guru yakin Perundungan disekolah atau di tempat manapun akan bisa dicegah, karena Janji pelajar yang disusun oleh SD Islam Bustanul 'Ulum Gunung Bati Baru ini diambil dari ungkapan Manusia termulya di muka bumi yaitu Baginda Nabi SAW. Yang tentu kebenaranya tak terbantahkan. Hadits tersebut adalah; Dari Anas, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Wahai Anas, hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda, maka kau akan menemaniku di surga.'" (HR Baihaqi).

Masalahnya bagaimana menerapkan makna hadis tersebut dikehidupan sehari hari dalam lingkup Sekolah Dasar yang rentang usia siswanya antara kelas kecil dan besar sangat terpaut jauh. Dengan pertimbangan tersebut maka salah satu keyakinan dewan guru dalam menterjemahkan janji pelajar SD Islam Bustanul 'Ulum Gunung Batin Baru tersebut adalah dengan berbagi.

            Kebersamaan adalah suber kerukunan


 

Alhamdulillah kegiatan “BERBAGI MENCEGAH BULLY”. Berjalan dengan baik dan direspon orang tua siswa dengan senang hati,  “ Kegiatan sederhana yang sangat efektif dalam mecegak Perundungan serta menyambung tali kasih sayang antara adik dan kakak kelasnya” kata Fajar Kuswarjanti, salah satu orang tua siswa kelas satu yang dimintai pendapatnya tentang kegiatan ini.

Demikian kegiatan mencegah Perundungan yang diluncurkan SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru, semoga menginspirasi banyak sekolah di negri tercinta ini. 

Oleh : Imam Machmudi, S.Pd.I


    

1 komentar: