KUNJUNGAN LAPANGAN FASILITATOR PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru, sebagai Sekolah Penggerak mendapatkan kunjungan lapangan dari Fasilitator Sekolah Penggerak Bpk. Suharlan, M.Pd. pada Senin, 30 Oktober 2023.

Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan refleksi berjalannya Program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka Serta penguatan dalam memahami literasi di SD Islam bustanul Ulum Gunung Batin Baru. Kunjungan dilaksanakan pada pukul 09.45 hingga pukul 13.30.

Agenda kunjungan lapangan diawali dengan pemaparan berjalannya sekolah penggerak di Sekolah Sekolah binaan Bpk Suharlan, M.Pd. sebagai motifasi untuk menjalankan program sekolah penggerak dan penerapan Kurikulum Merdeka di SD Islam Bustanul Ulum gunung Batin Baru. 

   Sambutan Kepala sekolah Hi, Gunawan Subiyanto S.Pd.

Belia selaku fasilitator Sekolah Penggerak, memberikan saran untuk lebih sering melaksanakan Praktik Baik diantara sesama pengajar dan rajin membuka aplikasi PMM ( Platform Merdeka Mengajar ) sampai dengan Uplod Aksi nyata. Dengan adanya Praktik Baik harapannya pendidik dapat melakukan pembelajaran lebih baik lagi di depan peserta didik.

Begitu Juga ketika kita rajin Membuka dan belajar di Aplikasi PMM ( Platform Merdeka Mengajar ) sampai dengan uplod aksi nyata maka harapanya kita semakin bisa memahami kurikulum Merdeka dalam penerapkan pembelajaran di kelas.

 

 BERBAGI PRAKTIK BAIK 

         Fasilitator Menjelaskan tentang penguatan Litersasi di Sekolah

 

Kegiatan dilanjutkan pemaparan tentang penguatan literasi, pemaparan Fasilitator ini didasarkan pada hasil rapor pendidikan pada kompetensi literasi rata rata masih mendapatkan nilai merah yang artinya peserta didik sangat minimal dalam kemampuan Literasi.

“Tumbuhkan minat membaca kepada seluruh peserta didik dengan berbagai strategi baik di kelas ataupun di perpustakaan, pajang buku dengan menarik seperti di toko buku modern sehingga terlihat nyaman, jangan lupa memberi Pemodelan dalam pemebelajaran literasi agar peserta didik bisa menerapkan bermacam intonasi dalam membaca.” pesan beliau dalam pemaparn penguatan kompetensi literasi.

 

KUNJUNGAN KELAS DAN P5

    Kunjungan Kelas dan melihat langsung Program P5

Kegiatan diahiri dengan kunjungan kelas untuk Memantau berjalannya pola pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Kelas yang dikunjungi adalah kelas 1,2,4 dan 5 serta melihat pelaksanaan Program P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) di kelas 4.

Demikianlah sekilas berita tentang kunjungan Fasilitator Sekolah Penggerak di SD Islam Bustanul Ulum Gunung Batin Baru Semoga bermanfaat.

 

Oleh: Imam Machmudi, S.Pd.I

Terusan Nunyai, 30 Oktober 2023

 

 

 

1 komentar: