GELAR KARYA P5 di SD ISLAM BUSTANUL 'ULUM GBB

Selasa, 30 Mei 2023  SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin Baru sebagai salah satu sekolah penggerak menggelar kegiatan gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Gelar karya  ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan projek. Tema yang diambil dalam projek kali ini yaitu gaya hidup berkelanjutan dengan topik “Bersih Sekolahku, Nyaman Belajarku”.

.      Pentas Seni dengan kostum bahan olahan sampah

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan menarik seperti sholat dhuha bersama, senam pelajar pancasila, bazar hasil karya olahan sampah, market day makanan olahan bebas sampah, kreasi pakaian daerah, dan pentas seni. Seluruh warga sekolah dengan dihadiri oleh fasilitator sekolah penggerak, perwakilan komite sekolah, serta wali murid turut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini.

Acara dibuka dengan sholat dhuha berjama’ah yang diimami langsung oleh Kepala SD Islam Bustanul ‘Ulum GBB , Hi Gunawan Subiyanto. Dilanjutkan dengan senam pelajar pancasila secara bersama-sama yang dicontohkan langsung oleh perwakilan siswa kelas 4. Memasuki acara inti, dibuka dengan tarian Sigeh Pangunten dan  dilanjutkan dengan sambutan  dari kepala sekolah.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa sekolah berharap dengan adanya projek ini dapat mengembangkan kreatifitas dan karakter peduli lingkungan sejak dini pada siswa, khususnya dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekolah dari sampah. Beliau juga mengapresiasi antusiasme orang tua yang luar biasa, membantu memeriahkan gelar karya ini. Hal itu menunjukkan bahwa adanya kolaborasi yang erat antara sekolah dan wali murid.

Acara semakin bertambah meriah dengan penampilan pentas seni dan kreasi pakaian daerah serta pakaian olahan sampah. Dalam gelaran karya ini, para siswa juga menampilkan berbagai kreasi dari hasil kreativitasnya dalam mengelola sampah non organik menjadi barang yang lebih berguna, diantaranya seperti bunga dari sedotan bekas, pigura, celengan, tempat pensil, dan miniatur rumah dari stik ice cream.

Bazar Market Day makanan olahan bebas sampah juga sangat ramai dikunjungi oleh pembeli. Bapak Suharlan,M.Pd selaku fasilitator sekolah penggerak dan Bapak Hi. Hifsan Yasin selaku komite sekolah turut serta mengunjungi berbagai stand bazar yang ada dalam gelaran karya kali ini. Beliau juga sempat bercakap-cakap dengan beberapa siswa yang berada di stand tersebut.

Acara ditutup dengan pengumuman para pemenang, yaitu kategori stand bazar terbaik, kreasi pakaian adat terbaik, dan kreasi pakaian olahan sampah terbaik. Bu Fajar selaku ketua projek P5 menyampaikan bahwa semoga dengan adanya projek dan gelar karya ini, para siswa nantinya akan benar-benar menjadi khalifah yang senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan sekolah. Semoga juga semakin menambah semangat untuk kita para guru dan juga siswa serta wali murid  untuk melaksanakan P5 yang lebih baik kedepannya.

 

         Kunjungan Fasilitator Sekolah Penggerak Bapak Suharlan, M.Pd

 

     Suasana meriah Gelar Karya P5 di SD Islam Bustanul 'Ulum GBB

QS. Al-Baqarah:30

“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar