GEBYAR MUHARRAM 1441 HIJRIYAH SD IT BUSTANUL ULUM GUNUNG BATIN BARU “BERPRESTASI DAN BERKARYA, PEDULI DENGAN SESAMA”

 

TERUSAN NUNYAI. Peringatan Tahun Baru Islam, bertajuk Gebyar Muharram 1441 H yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram 1441 H ( 9/09/2019)  dimeriahkan  SD Islam Bustanul ‘Ulum Gunung Batin  Baru kali ini dengan kegiatan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan kali ini lebih semarak dan lebih banyak peserta yang terlibat.   Adapun tema dari kegiatan kali ini adalah “BERPRESTASI DAN BERKARYA,  PEDULI DENGAN SESAMA”. Dalam sambutannya Kepala SDIT Bustanul Ulum Gunung Batin Baru, Hi. Gunawan Subiyanto, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini agar Peserta Didik kelak menjadi pribadi yang berpestasi dan mampu berkarya dalam kehidupannya serta peduli dengan sesama di manapun mereka berada. Beliau juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada orang tua/wali  yang telah mensupport acara Gebyar Muharram ini dan seluruh warga sekolah yang telah mensukseskannya.
 

Kegiatan peringatan 1 muharam SDIT Bustanul ‘Ulum terdiri dari berbagai macam kegitan yaitu, pembiasaan ibadah rutin harian, santunan terhadap anak anak yatin dan atau piatu, lomba mewarnai, serta tausiyah motifasi yang di selingi dengan tampilan tampilan dari/ untuk siswa/i Bustanul Ulum.
               
 





 
Pembiasaan Ibadah rutin yang dilakukan yaitu sholat dhuha bersama di halaman sekolah sebagai  kegiatan pembuka dari segenap rangkaian kegiatan, yang pesertanya terdiri dari siswa/i SDIT Bustanul ‘Ulum dari kelas 1 sampai kelas 6, didampingi ustadz dan ustadzah SDIT BU,  dengan imam sholatnya Ust Ahmad Rivangi, S.Pd.I (Team Pengajar BU).

Kegiatan dilanjutkan dengan Lomba mewarnai untuk siswa/i TK, sementara untuk siswa/i  SD mendengarkan Tausiah Motivasi dari Ust. Imam Mahmudi, S.Pd.I (Team pengajar BU) yang di selingi tampilan dari siswa/i. Sedikit cuplikan  tausiah motifasi yang berisi sejarah dan hikmah Muharam. Ust Imam Mahmudi, S.Pd.I mengingatkan tentang puasa Asyuro’ serta mengajak untuk mengamalkannya, karena fadillah dari puasa Asyuro’ yang sangat luar biasa yaitu menghapus dosa setahun yang lalu. Selain itu, Ust Imam Mahmudi, S.Pd.I Juga mengingatkan pentingnya memperbanyak sedekah kepada anak yatim/piatu, karena Asyuro’ adalah hari raya bagi anak yatim dan atau piatu. Pada sesi terakhir Ust Imam Mahmudi, S.Pd.I mengingatkan dengan Tahun baru maka semangat kita dalam menjalankan ibadan dan segala aktifitas harian kita harus selalu semangat baru dalam belajar dan berkarya.

Kegiatan lomba mewarnai yang pesertanya adalah siswa/i TK didampingi oleh orangtuanya, mereka bekerja sama mewarnai, diharapkan dengan mereka bekerja sama maka terjalin ikatan yang dekat antara anak dan orangtuanya sejak dini, sehingga kelak dalam kehidupan kedepannya menjadikan anak anak yang tangguh, berprestasi dan mampu berkarya. Adapun peserta lomba mewarnai ini 120 orang, terdiri dari siswa/i TK beserta orang tuanya. “kegiatan ini sangat bagus dan harapannya kedepannya tetap di adakan kembali, saya pribadi sangat senang dengan kegiatan ini” salah satu pendapat dari walimurid TK yang kami wawancarai.

Kegiatan penutup dari acara ini adalah pemberian santunan kepada anak yatim dan atau piatu yang berada di lingkungan sekolah SDIT BU, adapun jumlah total anak yatim dan atau paitu  berjumlah 15 anak, yang terdiri dari intern Sekolah berjumlah 10 anak dan yang dari luar berjumlah 5 anak.  Pengadaan dana satunan yang diberikan kepada anak yatim dan atau piatu berasal dari donasi orang tua / walimurid secara suka rela. Tujuan dari kegiatan ini mengajarkan siswa/i Sdit BU untuk peduli sesama dengan menyisihkan sebagian rezeki mereka untuk membantu orang di sekeliling mereka  yang membutuhkan. (AEP)
 
 
 
Oleh : Agus Eko Pramono

4 komentar:

  1. Maju terus Bustanul 'Ulum Gunung Batin Baru...💪💪💪

    BalasHapus
  2. Ini kayaknya sekolah di pedalaman tapi ternyata hebat juga ya?
    Salut buat kalian

    BalasHapus